Bacalah.... Tulislah...

Senin, 25 Juli 2011

Posted by subiajakokrepot... 7/25/2011 01:13:00 AM No comments


Salam...

^-^
Ucapan salam di atas, tentu menjadi wajib bagi yang menjawabnya. Namun, jika diantara 2 telah ada 1 yang menjawabnya, maka yang lain terbebas dari hukuman wajib menjawab salam. Terlepas wajib tidak menjawab salam, alangkah baiknya, uluk salam atau mengucapkan salam menjadi sebuah tradisi bagi kita umat muslim. Bukan lagi sebuah urusan wajib-tidak wajib, karena telah menjadi adat kebiasaan. Karena hal itu merupakan hak muslim atas muslim lainnya [saya sedikit lupa tentang hal ini, mungkin ada yang lebih 'alim mengenai masalah ini bisa sedikit share tentang 'ilmunya.. ^-^]. Dan juga, uluk salam itu menunjukkan sikap tawadhu’ (rendah hati) yang merupakan ciri seorang muslim, menghilangkan perasaan takut antara orang yang bertemu, menumbuhkan rasa saling sayang dan cinta antara keduanya, dan saling mendoakan antara keduanya.

Ah, maaf itu hanya pengantar saya, karena mungkin dengan begitu ada yang berbaik hati mencerca, menghina, memaki tulisan saya, karena saya menulis karena saya tidak tahu dan berharap ada yang memberi tahu. ^-^

Hm, ini mungkin sebuah subjektifitas, objektfitas atau apalah Anda menyebutnya. Saya mau bertanya kepada Anda semua yang membaca tulisan ini, termasuk diri saya.
1. Pernahkah Anda melihat seseorang pencari rosok tengah malam yang mengais di beberapa tempat sampah?
2. Pernahkah Anda melihat seseorang dengan santai menikmati hidup yang pastinya menghabiskan semuanya; waktu, tenaga, pikiran, biaya, dkk? [terlepas bahwa itu adalah hak preogratif Tuhan yang menyantuni semua mahlukNya]
3. Pernahkah Anda melihat seorang pemuda harapan bangsa menjadi tenaga pendidik, berjuang di setiap detak jantungnya?
4. Pernahkah Anda melihat seseorang yang dengan kuasanya berbuat sewenang-wenang memenuhi keinginannya melihat yang lain 'kalah'?
5. Pernahkah Anda melihat sepasang kekasih berboncengan ria mesra di tengah keramaian kota? [ini yang belum sah lho ya.. kalau yang sudah sah, saya ga tanya,,, :D wkakwakwka]

Cukup ini dulu mungkin, ^-^
Begini, saya mau berbagi tentang keresahan saya tentang 'benar' dan 'salah'. Kita sebagai manusia diberi akal berpikir. Dalam keilmuan, metode berpikir ini ada ilmunya yang namanya mantiq [logika]. Nah, coba Anda memberi sedikit uraian 'benar-salah'nya perbuatan dari teman-teman di atas; yang menjadi subjek kalimat. ^-^

Karena saya sendiri galau tentang benar salah, apakah benar apakah salah semua yang saya lakukan selama ini...hm...

gambar dari:  http://kuia.deviantart.com

0 komentar:

Search

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter